Bunda, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Bunda perlu untuk menjaga kesehatan mata anak sejak dalam kandungan. Ini penting dilakukan karena seperti kata pepatah, mata merupakan jendela dunia sehingga kesehatannya perlu untuk dijaga sebaik mungkin. Dengan mata yang sehat, perkembangan anak juga akan tersokong dengan baik. Bunda harus tahu, ada beragam dampak yang dapat dirasakan anak bila mengalami gangguan kesehatan mata. Dampaknya antara lain sulit untuk membaca, sulit berkonsentrasi, hingga terhambat dalam mempelajari berbagai hal. Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak. Untuk menhindari gangguan mata pada anak, Bunda tentu harus memelihara kesehatan matanya dengan baik. Cara ada beragam, seperti:

1. Mengonsumsi dan memberikan makanan bergizi

Saat hamil, Bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin A dan omega 3. Hal ini karena kedua nutrisi tersebut dibutuhkan dalam menunjang perkembangan mata janin dalam kandungan. Nah, ketika Si Kecil terlahir ke dunia juga demikian. Bunda perlu untuk memasukkan makanan yang mengandung vitamin dan omega 3 ke dalam menu MPASI-nya. Adapun makanan yang mengandung vitamin A dan omega-3 yang perlu Bunda konsumsi dan diberikan kepada Si Kecil antara lain ubi jalar, ikan salmon, wortel, dan bayam.

2. Memeriksakan kesehatan mata anak

Bunda disarankan untuk memeriksakan kesehatan mata Si Kecil sejak usianya menginjak 6 bulan, meskipun tidak terlihat ada gangguan mata sekalipun. Kemudian, lakukan pemeriksaan mata rutin setiap 2 tahun sekali. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata anak, tapi juga mencegah dan menangani gangguan mata yang mungkin diderita anak. Pasalnya, semakin cepat terdeteksi, diharapkan gangguan mata yang diderita anak akan semakin cepat untuk teratasi.

3. Menstimulasi penglihatan anak

Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk menstimulasi penglihatan Si Kecil agar dapat berkembang dengan baik. Salah satunya adalah memberikannya mainan yang menarik dengan berbagai bentuk dan warna. Namun, pastikan bahwa mainan yang diberikan aman untuk Si Kecil ya, Bun.

4. Mengajak anak untuk mengunakan kacamata hitam saat di luar ruangan

Ajak anak untuk menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah terik matahari. Hal ini dilakukan untuk mencegah dampak negatif paparan sinar matahari langsung pada mata, seperti kerusakan pada kornea dan retina mata. Selain itu, usahakan untuk tidak mengajak anak bermain atau beraktivitas di luar ruangan saat sinar matahari sedang sangat terik, yaitu pada pukul 11.00 hingga 15.00.

5. Membatasi penggunaan gadget

Batasi penggunaan gadget pada anak dengan membatasi waktu anak bermain gadget yaitu hanya 1 jam per hari, terutama pada anak di bawah usia 5 tahun. Aturan ini penting untuk Bunda terapkan karena penggunaan gadget yang berlebihan bisa berdampak negatif pada kesehatan mata, seperti mata lelah, gangguan ketajaman penglihatan, dan mata kering. Dukung juga kesehatan mata dan fungsi penglihatannya dengan memastikan Si Kecil mendapat istirahat yang cukup. Umumnya penglihatan anak sudah berfungsi sepenuhnya setelah usia tujuh tahun. Jika Bunda curiga bahwa Si Kecil mengalami gangguan penglihatan atau jika Bunda memiliki pertanyaan seputar kesehatan mata anak, sebaiknya konsultasikan ke dokter mata.