Bukan Hanya Mencari Nafkah, Ini 5 Peran Ayah dalam Keluarga

Ayah kerap dihubungkan dengan tugas utamanya dalam mencari nafkah. Padahal, peran ayah sangat dibutuhkan untuk menjaga keluarga tetap utuh dan memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan, bukan hanya dari ibunya saja.

Berbagai Peran Ayah yang Perlu Dipenuhi dalam Keluarga

1. Pelindung Keluarga

Seorang ayah perlu mengambil peran sebagai pelindung keluarga. Pada anak, sosok ayah menanamkan nilai dan moral pada anak, agar dapat tumbuh menjadi seseorang yang terhormat sekaligus dihormati.

Ayah mengajari anak tentang kemampuan untuk menghadapi kesulitan dengan cara berani, serta tidak berkompromi tentang keyakinannya dengan orang lain. Ayah merupakan alasan anak menjadi seseorang yang percaya diri dan mandiri, sehingga mampu melindungi diri sendiri.

Ayah juga perlu melindungi keselamatan pasangan dan anak-anaknya saat mengalami sesuatu yang membahayakan. Pria ini juga memiliki peran untuk menjauhkan berbagai risiko bahaya yang bisa terjadi.

2. Menjadi Contoh

Ayah dapat memberikan berbagai contoh baik bagi anak, terutama pada kesehariannya saat di rumah. Salah satunya adalah dengan mendukung pasangan, atau ibu dalam rumah tangga, dalam memberikan pendidikan pada anak-anak.

Saat anak melihat jika ayahnya memperlakukan ibunya dengan cinta dan rasa hormat, anak jadi paham seperti apa hubungan yang sehat sejalan dengan semakin bertambahnya usianya.

3. Motivator

Seorang ayah juga dapat mengambil peran dalam memberikan pengajaran terkait dasar-dasar kehidupan pada anak-anak. Kepala keluarga ini kerap mengingatkan anak jika tidak ada manusia yang sempurna dan melakukan kesalahan adalah sesuatu yang manusiawi.

Tidak apa untuk jatuh atau gagal dalam hidup selama bisa bangkit kembali. Beritahu anak jika seorang ayah akan selalu ada saat ia sedang jatuh untuk menangkapnya dan memberikan dukungan untuk bangkit kembali. Maka dari itu, cobalah menjadi sosok ayah sekaligus teman yang bisa mendengarkan cerita-ceritanya.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Cobalah menjadi seseorang yang selalu berada di sampingnya, saat anak sedang ‘terbang’ atau ‘terjatuh’. Tunjukkan minat pada kehidupan Si Kecil, termasuk mengetahui teman-temannya dan sesuatu yang membuatnya khawatir.

Jika seorang ayah selalu mendengarkan apa yang diceritakan anak tanpa penghakiman, maka ia dapat tumbuh dengan menerapkan berbagai nasihat yang diberikan oleh orangtuanya.

5. Membuat Aturan

Ayah adalah seorang pemimpin di dalam keluarga yang mampu membuat aturan dan batasan di dalam rumah. Hal ini tentu dapat membuat pekerjaan ibu menjadi lebih mudah.

Anak juga menjadi lebih paham terkait sesuatu yang harus, boleh, atau dilarang dilakukan di rumah. Namun, ayah juga perlu konsisten dengan aturan yang dibuat, sebab anak juga melakukan penilaian terhadap orang tuanya juga.

Itulah beberapa peran ayah yang perlu dilakukan selain mencari nafkah. Memang terkadang tidak mudah untuk meluangkan waktu melakukan semua hal tersebut saat pekerjaan kantor terlalu banyak. Namun dengan melakukan hal ini, kamu sebagai ayah, dapat mendorong anak untuk tumbuh dengan lebih baik.

Sumber : https://www.halodoc.com/artikel/bukan-hanya-mencari-nafkah-ini-5-peran-ayah-dalam-keluarga