5 Daftar Obat yang Perlu ada di Rumah saat Memiliki Bayi

Memiliki persediaan obat di rumah merupakan hal yang sangat penting untuk mengatasi keadaan darurat. Terlebih lagi apabila ibu memiliki bayi. Tubuh bayi cenderung lebih rentan sehingga membutuhkan penanganan segera.  Adanya stok obat di rumah tidak hanya dapat menjadi pertolongan pertama saja, tetapi juga dapat meringankan gejala penyakit pada bayi. Biasanya obat-obatan yang perlu disediakan di rumah berupa obat untuk kondisi medis yang terbilang ringan atau sedang. Mau tahu apa saja obat-obatan yang sebaiknya selalu tersedia di rumah ketika memiliki bayi? Berikut ulasannya

Jenis Obat yang Perlu Ada di Rumah Ketika Memiliki Bayi

Berikut adalah beberapa jenis obat yang disarankan untuk dimiliki ketika memiliki bayi di rumah:

1. Obat penurun demam

Sistem imun bayi yang masih dalam tahap perkembangan menyebabkan bayi rentan terhadap demam. Oleh karena itu, sebaiknya ibu selalu menyiapkan obat antipiretik (penurun panas) dan analgesik (pereda nyeri) mengingat demam seringkali disertai dengan nyeri. Apabila demam pada bayi tidak segera ditangani, bayi akan menjadi lebih rewel dan keseharian ibu pun terganggu. Ibu bisa menyediakan obat penurun demam dengan kandungan paracetamol atau ibuprofen. 

2. Obat biang keringat

Biang keringat merupakan kondisi yang umum dialami oleh banyak bayi. Masalah pada kulit ini ditandai dengan ruam berupa bintik-bintik kemerahan yang muncul pada kulit. Biang keringat pada bayi terjadi karena penyumbatan pada kelenjar keringat yang tersebar di kulit.

3. Obat batuk pilek

Selanjutnya adalah batuk pilek. Tidak hanya bayi, anak-anak dan orang dewasa juga rentan terkena kondisi ini. Terlebih apabila sedang musim pancaroba. Apabila bayi mengalami batuk dan pilek, tentunya menjadi lebih sering menangis dan membuat ibu kesulitan untuk istirahat.

Nah, penting untuk selalu siap sedia obat batuk dan pilek yang mengandung zat aktif seperti paracetamol dan dextromethorphan. Simak artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi obat batuk untuk bayi.

4. Obat diare

Diare pada bayi umumnya disebabkan karena bayi mengalami dehidrasi dan menyebabkan feses pada bayi yang terlalu encer. Meskipun begitu, diare pada bayi merupakan masalah yang cukup serius mengingat hal ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada bayi.

5. Obat sariawan

Yang terakhir adalah obat sariawan. Meskipun sariawan dapat diatasi dengan memperbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin, penanganan sariawan pada bayi dapat menggunakan obat sariawan untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.

Sumber : 
https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-daftar-obat-yang-perlu-ada-di-rumah-saat-memiliki-bayi