5 Cara Mempertahankan Pernikahan

Pernikahan menjadi impian banyak pasangan. Meski begitu, menikah memang bukan lah hal yang mudah untuk dijalani. Setiap pasangan pun punya cara sendiri untuk menjalani pernikahan. Menikah juga tak hanya selesai usai akad nikah namun masih ada perjalanan panjang. Menjalani dan mempertahankan pernikahan pun butuh perjuangan. Begitu pun dengan keputusan untuk bercerai, perlu pertimbangan lama dan sangat matang kenapa kamu dan pasangan sudah tidak cocok lagi. Di balik itu semua, selagi kamu dan pasangan belum resmi bercerai, maka masih ada kesempatan untuk kembali bersama. Rumah tangga masih bisa dipertahankan ketika kamu dan dia sama-sama berkomitmen untuk saling berjuang dalam pernikahan ini. Seperti dikutip dari Verywell Mind, berikut beberapa cara mempertahankan pernikahan meski sudah di ambang perceraian.

1. Berkomunikasi Terbuka, Jujur, dan Teratur

Berkomunikasi secara terbuka tentang kehidupan, minat, impian, frustrasi, dan perasaan adalah cara penting untuk menumbuhkan keintiman dalam suatu hubungan. Penting juga bagimu untuk mendengarkan pasangan menyuarakan pikirannya, luangkan 30 menit setiap hari tanpa gangguan untuk kalian berbicara. Dengan begitu, kalian akan lebih dekat secara emosional dan menemukan solusi bersama ketika ketegangan terjadi.

2. Berkomitmen pada Hubungan

Perlu diingat, perceraian bukanlah sebuah pilihan, melainkan keputusan akhir di mana kalian berdua sudah bertemu dengan jalan buntu. Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah ini yang aku mau?", dan jawablah dengan rinci apa sebenarnya yang kamu inginkan dari pernikahan tersebut. Berkomitmen untuk saling bersama dan fokus untuk memperkuat hubungan tersebut dengan pasanganmu.

3. Saling Menghormati

Orang pasti berubah seiring waktu. Memahami, menghargai, dan beradaptasi dengan perubahan itu sangat penting untuk hubungan apa pun. Salah satu trik mudah yang bisa dilakukan bersama adalah memberi pujian setiap hari dan berterimakasih. Latihan ini akan membuat kalian berdua saling menghargai dan menghormati keberadaan masing-masing guna memperkuat pernikahan.

4. Saling Memberi Ruang

Ada banyak ruang dalam pernikahan, termasuk ruang sendiri, bersama pasangan, bersama keluarganya sendiri, bersama teman atau kolega. Sebaiknya, kalian berdua saling sepakat untuk memberi waktu ke masing-masing ruang tersebut. Dengan begitu, kalian berdua melakukan upaya bersama untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama sambil memberi ruang bagi satu sama lain untuk memiliki ruangnya sendiri.

5. Terbuka dalam Masalah Keuangan

Perselisihan keuangan kerap kali terjadi dalam pernikahan, terkadang ekspektasi lebih tinggi dari pendapatan yang diperoleh. Mencapai kesepakatan tentang keuangan dalam rumah tangga adalah komponen penting dari pernikahan yang sukses. Terbukalah tentang anggaran yang masuk, utang piutang, dan buat rencana untuk hidup dalam batas keuangan kalian. Penting juga untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Meski keduanya sah, pernikahan dapat menghadapi masalah jika mencoba memenuhi semua keinginan tanpa mempertimbangkan anggaran yang dimiliki. Jangan lupa, masukkan beberapa fleksibilitas dalam keuanganmu untuk hiburan, hadiah, liburan, dan kegiatan lain yang akan memperkuat pernikahan

Sumber : https://www.grid.id/parapuan/read/532944433/rumah-tangga-di-ujung-tanduk-ini-5-cara-mempertahankan-pernikahan?page=all